Saturday, June 22, 2013

Peraturan di dalam Yakuza

Organisasi di mana pun memiliki etika, memiliki peraturan, tata krama, peraturan yang harus ditaati bersama. Misalnya saja kelompok Yakuza terbesar, Yamaguchi-gumi memiliki 5 aturan utama ini. 

Pedoman Yamaguchi-gumi
Sesuai derngan jiwa Ninkyo (Chivalry, jiwa tradisi kesatria) kamiberjanji untuk mengabdikan dan mengembangkan masyarakat sekeliling kami dengan lebih baik. Olehkarena itu anggota Yamaguchi-gumi perlu merealisasikan hal-hal sebagai berikut:
1. Tim yang kuat sangatlah mementingkan keharmonisan bagi sekeliling nya.
1. Terhadap lingkungan luar harus pula dapat merangkul secara baik, memiliki itikad yang baik dan jujur bagi sekitarnya.
1. Terhadap atasan atau pun bawahan dibutuhkan kesadaran pada posisi masing-masing sehingga selalu terjaga rasa sopan santun dan saling menghormati bersama.
1. Pada saat berada di masyarakat harus dapat memposisikan dengan baik, mengayomi sekeliling, sehingga tidak timbul salah pengertian dari masyarakat
1. Belajarlah selalu dari pengalaman para senior sehingga dapat meningkatkan kualitas personality masing-masing.
Catatan: Semua angka satu berarti semua penting, dan harus berjalan bersamaan, bukan sebagai sebuah urutan.
Lalu bagaimana peraturan yang ada umumnya di kelompok Yakuza? Berikut bisa dibaca secara umum hasil penelitian penulis sbb:
1. Anda harus menjadi orang yang wajar dengan kecerdasan dan akal sehat. Kami tidak menerima orang bodoh.
2. Perintah harus diikuti setiap saat. Jika seorang anggota yang berpangkat diatas anda memberikan perintah, maka Anda harus mengikuti mereka.
3. Anggota yang tidak aktif selama 30 hari akan diturunkan dari posisinya dan bahkan bisa mendapat hukuman. Jika Anda akan pergi, anda harus memberitahu pemimpin tentang ketidakhadiran Anda.
4. Yakuza melindungi anggota mereka, asalkan mereka tidak melanggar peraturan.
5. Kami tidak menendang keluar (mengeluarkan) orang-orang dari yakuza. Setelah Anda masuk, hanya ada satu jalan keluar yaitu mati.
Setiap anggota yang melanggar aturan berikut ini akan dihukum berat.
Hukuman dalam bentuk penurunan pangkat, daftar perburuan, kematian atau kombinasi dari ketiganya. Anggota tidak mentolerir kesalahan. Olehkarena itu:
Jangan membunuh tanpa izin! Juga tidak memburu seseorang tanpa izin. Jika Anda memiliki masalah, hubungi Badan Intelijen yakuza.
Jangan mencuri mobil dari anggota lain! Jika seseorang mencuri mobil Anda, hubungi Badan Intelijen.
Jangan pernah meminta uang atau pinjaman dari siapa pun!
Selalu membantu para anggota Yakuza. Ketika Anda melihat seseorang meminta bantuan atau informasi mengenai sesuatu, cobalah untuk membantu mereka. Ulurkanlah tangan mu, membantu bila mungkin dan Anda akan mendapatkan yang sama nantinya.
Beberapa panduan yang akan menjelaskan apa yang diperkenankan dan bagaimana Anda harus berurusan dengan hal-hal tertentu.
1. Semua orang di Yakuza memiliki izin untuk membunuh pengkhianat dan para penakut.
2. Jika salah seorang pemimpin Yakuza berusaha dipukul/dihajar/dibunuh, tidak perlu izin untuk menyerang. Dalam hal demikian, setiap orang diperbolehkan dan diharapkan untuk menyerang kembali. Darah untuk darah.
3. Jika Anda ingin seseorang mati, jelaskan alasan ke IA (Badan Intelijen Yakuza) dan mereka yang akan memutuskan. Juga jika Anda ingin bunuh diri, hubungi IA terlebih dahulu.
4. Jika Anda membutuhkan uang untuk wilayah Dominasi, hubungi badan Dominasi.
5. Hanya Oyabun dan Kumicho dapat mengirim undangan ke seseorang. Semua anggota lainnya bebas untuk "merekrut" dengan meminta orang untuk mengirimkan permintaan untuk mengundang ke Oyabun.
Ada pula peraturan lain yang belum tercantum di sini dan dapat mendadak dikeluarkan di masing-masing kelompok. Tergantung kepada kebijakan masing-masing Pemimpinnya.
Pelanggaran hukum internal tersebut dapat berakibat pemotongan jari atau Seppuku (merobek perut sendiri), bahkan mungkin pula dibunuh (biasanya sudah sadar akan dikejar dibunuh, anggota akan bunuh diri terlebih dulu).

No comments:

Post a Comment