Friday, June 7, 2013

Cara Membuang sampah merupakan cerminan cinta bangsa

Menurut aku gambar ini sangatlah menginspirasi..


Teratur dan detail mungkin sudah mendarah daging bagi rakyat jepang..contoh kecil dari buang sampah..yah ga bisa kita pungkiri hidup kita pasti takkan pernah lepas dari yang namanya SAMPAH..jujur aja dari sini aja bisa kita pelajari "untuk barang yang hendak dibuang saja mereka rela menyusun nya dengan rapih,detail dan teratur" apa lagi untuk lingkungan dan tempat tinggal nya..



Berikut beberapa fakta tentang cara orang Jepang memperlakukan sampah

1. Orang Jepang mengelompokkan sampah-sampah mereka menjadi beberapa jenis, antara lain sampah rumah tangga ( sisa-sia bahan masakan, kertas-kertas yang sudah kotor, dll ), sampah-sampah berbahan plastik, sampah-sampah botol dan kaleng, sampah-sampah khusus seperti alat-alat rumah tangga ( wajan, penggorengan, radio, televise, lemari es, dll ) yang bereka bagi lagi berdasarkan ukurannya ( besar dan kecil ).

2.Orang Jepang menetapkan jadwal pembuangan sampah dalam setiap Minggunya. Misalnya di daerah tempat saya tinggal, sampah rumah tangga dibuang tiga kali dalam seminggu ( Selasa, Kamis dan Sabtu ). Hari Senin adalah waktu untuk membuang sampah-sampah kertas. Hari Rabu adalah waktu untuk membuang sampah-sampah botol plastic, kaleng dan botol-botol kaca yang masing-masing dikelompokkan berdasarkan jenisnya masing-masing. Sementara hari Jum’at minggu ke-2 dan ke-4 setiap bulannya merupakan saat untuk membuang alat-alat rumah tangga khusus. Hari Minggu adalah hari dimana tempat pembuangan sampah menikmati kebersihannya alias tidak ada pembuangan sampah. Sampah-sampah tersebut dijadwal secara tertulis agar ditaruh ditempat pembuangan sampah sementara setiap harinya antara pukul 8 sampai 9 pagi. Jadi dihimbah untuk tidak membuang sampah di malam harinya. Memang dari pengalaman saya pukul 8 – 9 ini tidaklah saklek dilaksanakan. Misalnya banyak juga orang Jepang yang mulai menaruh sampahnya lebih awal. Sementara datangnya truk pembuang sampah menandakan akhir pembuangan sampah pada hari tersebut.


3 Sudah menjadi kebiasaan orang Jepang yaitu mereka membuang sampahnya dengan rapi.    Sampah-sampah dibungkus dengan plastik transparan ( tidak gelap ). Sampah kertas dibuang dalam wadah kertas seperti kantung kertas bekas belanjaan. Buku-buku bekas atau Koran mereka ikat dengan apik, dan lain sebagainya. Kebiasaan ini membuat tempat-tempat sampah di Jepang bebas dari bau.

4. Untuk membuang sampah yang berukuran besar, kita harus membayar uang daur ulangnya. Biasanya sampah yang berukuran di atas 30 cm. Misalnya untuk membuang kipas angin yang cukup besar ataupun sepeda, orang jepang harus membeli stiker yang bisa dibeli di kombini store seharga 500 yen.

5. Pada masa libur panjang seperti libur tahun baru dan Golden week yang lamanya hampir satu minggu, pembuangan sampah ditiadakan dan biasanya telah diinformasikan melalui website pemerintah setempat. Pada sat ini tempat-tempat pembuangan sampah sementara biasanya ditutup misalnya dengan menutup dan mengikatkan jarring tali penutup bak sampah sehingga sampah-sampah tidak bisa dibuang dan dimasukkan kesana.
Bak sampah/ tempat pembuangan sampah sementara bersama banyak tersebar di dekat hunian masyarakat.

Memang banyak yang harus kita pelajari dari neregi sakura ini. Salah satunya adalah cara membuang sampah mengingat sampah di Negara kita terutama di kota-kota besar masih merupakan masalah yang belum terselesaikan.Kota besar seperti Jakarta,Bandung,Surabaya dan kota-kota lainnya hendaknya bisa mengambil contoh dari orang Jepang. Sehingga kita nantinya bisa menikmati kota Jakarta, atau kota Bandung yang bersih dan bebas dari bau-bau yang tidak sedap.seperti yang pernah aku tulis..bila kita berfikiran membuang 1 sampah kecil tidak akan menjadi masalah..bila 100ribu orang berfikiran yang sama maka itu akan jadi suatu masalah besar..bila sudah menjadi bencana patutkah kita menyalahkan pemerintah??atau kita yang memang harus berubah dari diri kita sendiri??

bukan maksud aku memuji-muji negara jepang karena aku tinggal disini..tapi coba pelajari dan semoga bisa di praktekan setidaknya bagi diri kalian sendiri..agar bisa menjadi contoh bagi lingkungan sekitar kalian

berikut aku kasih contoh2 gambar yang bisa menjadi dorongan bagi para pembaca agar melangkah lebih baik

Jepang : apakah kalian nyaman dengan lingkungan dengan sampah seperti ini??



Indonesia : Atau kalian lebih nyaman dengan hidup dengan lingkungan seperti ini??




Coba Jawab Dengan Jujur hidup di lingkungan seperti apa yang kalian inginkan??






2 comments:

  1. hahahaha, pengen lingkungan d Indonesia seperti itu
    Yoshhh, Ganbareee

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups harus ganbate buat merubah lingkunganmu jadi lebih indah dan nyaman

      Delete