Wednesday, May 29, 2013

Misteri Sanshu no Jingi: Pusaka Keramat Jepang

buat temen2 yang suka nonton Sasami-san@Ganbaranai...Salah satu yang unik dari anime ini adalah nama-nama yang dipakai oleh Yagami bersaudara, yang terinspirasi dari Sanshu no Jingi, atau yang biasa disebut dengan pusaka keramat Jepang.


Sanshu no Jingi adalah 3 benda pusaka yang menjadi Tanda Kebesaran Kekaisaran Jepang dan diwariskan secara turun-temurun kepada kaisar Jepang yang menjabat. Menurut mitologi Jepang, tiga benda yang terdiri dari Kusanagi no Tsurugi (pedang), Yata no Kagami (cermin), dan Yasakani no Magatama (permata) tersebut adalah benda yang diberikan oleh Amaterasu (Dewi Matahari) kepada cucunya, Nigino Mikoto, yang merupakan leluhur dari para kaisar di Jepang. Amaterasu mengirim Nigino no Mikoto beserta Sanshu no Jingi turun ke bumi untuk menenagkan keadaan Jepang. Masing-masing benda pusaka tersebut melambangkan nilai-nilai kebaikan, misalnya Kusanagi Tsurugi melambangkan keberanian, Yata no Kagami melambangkan kebijaksanaan, dan Yasakani no Magatama melambangkan kemurahan hati. Adapula yang menginterpretasikan Kusanagi Tsurugi sebagai bintang, Yata no Kagami sebagai matahari, dan Yasakani no Magatama sebagai bulan.


Sejak zaman Asuka (tahun 690 masehi), Sanshu no Jingi menjadi elemen pokok dalam upacara penobatan kaisar sekaligus menjadi bukti legitimasi politik serta bukti kedewaan Kaisar Jepang yang merupakan keturunan Amaterasu. Sayangnya upacara penobatan kaisar adalah upacara yang dilakukan secara tertutup dan hanya disaksikan oleh Kaisar dan pendeta-pendeta tertentu. Hal ini menyebabkan tidak banyak masyarakat yang mengetahui wujud Sanshu no Jingi yang sebenarnya, dan foto-foto yang beredar juga sangat sedikit. Kusanagi Tsurugi dan Yasakani no Magatama kabarnya terakhir kali terlihat dalam upacara penobatan Kaisar Akihito pada tahun 1989 dan 1993, namun keduanya dibungkus dalam sebuah wadah. Hingga kini status Sanshu no Jingi masih menjadi legenda dan keberadaannya tidak dapat dipastikan. Dugaan kuat mengatakan bahwa Kusanagi no Tsurugi disimpan di kuil Atsuta, Nagoya; Yata no Kagami di kuil Ise, Prefektur Mie, dan Yasakani no Magatama di Kokyo (Istana Kerajaan) di Tokyo.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment